Translate

Kamis, 15 Maret 2012

QUIZ 6 SAP


1.       Siklus procurement :
-        Demand determination
-        Source determination
-        Supplier selection
-        Purchase order
-        Order monitoring
-        Good receip
-        Invoice verification
-        Payment processing
2.       Siklus sales order :
-          Sales order
-          Availablelity check
-          Transportation
-          Picking
-          Good issue
-          Billing
-          Payment processing
3.       Siklus production :
-          Order creation
-          Mechine ocupancy
-          Order releas
-          Order printing
-          Material staging
-          Order execution
-          Confirmation
-          Good receip

Rabu, 14 Maret 2012

tugas lapangan


Latar belakang

            Perkembangan fashion di Indonesia yang semakin modern dengan hadirnya produk-produk internasional yang memasuki pasar Indonesia. Perempuan adalah sasaran konsumen yang paling banyak mempunyai peluang dalam usaha fashion. Fashion tanpa aksesoris maka tidaklah lengkap. Permpuan tanpa aksesoris maka kurang sempurna. Aksesoris sebagai pelengkap dari penampilan fashion seseorang akan menampilkan sesuatu yang good looking serta mix and match atau keserasian. Aksesoris dapat mencerminkan kepribadian dari seseorang, dengan pemilihan atau penggunaan model kalung misalnya salah satu seorang mahasiswi yang menggunakan kalung yang simple, maka dapat di duga bahwa mahasiswi tersebut mempunyai kepribadian yang simple atau sederhana.
            Aksesoris merupakan benda pelengkap yang digunakan untuk mendukung penampilan penggunanya. Tidak hanya manusia yang menggunakan aksesoris, binatang bahkan benda mati sekalipun tak luput dengan penggunaan aksesoris ini.  Namaun aksesoris lebih melekat penggunaannya kepada hal-hal yang berkaitan dengan kesempurnaan busana seseorang. Bahkan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi penampilan wanita. Kebanyakan wanita memakai aksesoris untuk mendukung penampilannya, seperti perhiasan emas (anting, kalung, cincin, gelan) dan lainnya. Para laki-laki biasanya menggunakan aksesoris jam tangan, sabuk, dasi, atau topi. Dengan demikian, aksesoris adalah segala bentuk pernak-pernik yang berfungsi untuk mempercantik diri dan menambah kesempurnaan penampilan.
            Salah satu selebritis Indonesia yang tidak lepas dari aksesoris setiap kali tampil adalah Syahrini. Penyanyi wanita elahiran Bogor 1 Agustus 1982 bahkan menjadi fenomena karena gayanya yang selalu diikuti oleh para pecinta fashion. Aksesoris yang melekat dan menjadi cirri khas Syahrini adalah bulu mata anti badai dan tsunaminya sampa-sampai di toko kosmetik ada bulu mata Syahrini. Selain bulu mata Syahrini juga sangat senang terhadap aksesoris glamour dan perhiasan bling-bling. Bahkan Syahrini mengaku tidak percaya diri tampil di depan kamera jika tisak memakai aksesoris di tubuhnya. Peluang besar ini yang membuat kelompok kami tertarik untuk membuka usaha aksesoris.





\

BAB I
HEARTWARMER
Heartwarmer
ACCESORIES & GIFT
Heartwarmer, ..ketika orang mendengar kata tersebut mungkin agak sedikit  bertanya  dalam hati, apa itu heartwarmer? Heartwarmer yang dalam bahasa Indonesia diartikan “penghangat suasana hati” adalah outlet yang  menjual barang-barang accesories & gift .
Accessories yang dijual meliputi gelang, kalung, cincin dan masih banyak lagi lainnya untuk kalangan ABG dan orang dewasa yang tentunya dengan harga bersaing.  Disamping itu heartwarmer juga menyediakan barang-barang keperluan untuk kado ulang tahun atau kado valentine berupa boneka, hiasan meja dan lain sebagainya yang pasti dengan model up to date dan harga terjangkau.
Heartwarmer  accessories & gift adalah perusahaan pribadi dan Bp Herry Sastoyo  beserta istrinya Frida Natalia sebagai pemiliknya. Heartwarmer mulai membuka outlet pertamanya pada tgl 5 September 1998 di Jonas Photo yang beralamat di jalan banda-Bandungdan juga membuka pameran-pameran . Karena  Heartwarmer  menyediakan barang-barang untuk semua kalangan ( dari anak-anak sampai untuk orang dewasa) maka heartwarmer berkembang pesat .  Banyak sekali  pelanggan yang menyukai produk-produk yang dijual di toko  tersebut.  Dengan alasan tersebut maka  Bp Herry Sastoyo  mulai merambah membuka outlet di mall –mall yang ada di Bandung seperti BIP, BSM, IP, PVJ, Ciwalk, Festival Citylink, Jatos, BTC dan  Cimahi mall yang masih exist  sampai sekarang selain itu Hewartwarmer  juga bekerja sama dengan Yogya Supermarket  membuka counter –counter di beberapa Yogya supermarket baik di dalam kota Bandung maupun  di luar kota Bandung.
Untuk pelanggan setia Heartwarmer  yang berdomisili di luar kota Bandung  anda bisa kunjungi outlet-outlet  kami di kota Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Sukabumi , Kuningan, Cirebon dan Bogor atau untuk anda yang berdomilisi  di wilayah  Jawa Timur  outlet Heartwarmer  juga bisa ditemui di mall Galaxy-Surabaya juga di kota Pasuruan.






BAB II
ATM (AMATI, TIRU, MODIFIKASI)


A.    AMATI usaha aksesoris Heartwarmer
Kelompok kami telah mengunjungi Heartwarmer yang berlokasi di Griya Pahlawan. Tugas lapangan ini pertama kami mengamati opreasional secara keseleruhan, menelusuri jejak keberhasilan Heartwarmer dalam berbisnis aksesoris. saya sebagai direktur utama bertugas untuk mengamati keseluruhan divisi dari Heartwarmer yang dapat kami manfaatkan ilmunya ke bisnis aksesoris kelompok kami.
Pemasaran
Operasional
Keuangan
SDM
Cara pemasaran yang dilakukan oleh Heartwarmer dengan membuka outlet di mall –mall yang ada di Bandung seperti BIP, BSM, IP, PVJ, Ciwalk, Festival Citylink, Jatos, BTC dan  Cimahi mall yang masih exist  sampai sekarang selain itu Hewartwarmer  juga bekerja sama dengan Yogya Supermarket  membuka counter –counter di beberapa Yogya supermarket baik di dalam kota Bandung maupun  di luar kota Bandung.
Untuk pelanggan setia Heartwarmer  yang berdomisili di luar kota Bandung  anda bisa kunjungi outlet-outlet  kami di kota Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Sukabumi , Kuningan, Cirebon dan Bogor atau untuk anda yang berdomilisi  di wilayah  Jawa Timur  outlet Heartwarmer  juga bisa ditemui di mall Galaxy-Surabaya juga di kota Pasuruan.

Heratwarmer memiliki inventory atau gudang, maka jika barang yang tidak cukup untuk di display biasanya di simpan sementara waktu di gudang.
Omset penjualan Heartwarmer berkisar
Rp. 15.000.000
Heartwarmer mempperkerjakan karyawan dalam 1 toko sekitar 3 sampai 4 karyawan. Tergantung dari toko heartwarmer yang terletak di lokasi mana, misalnya di BIP yang tokonya lebih besar memperkerjakan karyawannya 4 orang daripada di Griya Pahlwan yang tokonya lebih kecil.

Mempunyai stock barang yang banyak.





B. TIRU usaha akseosris Heartwarmer
            Apa yang telah kami amati sebelumnya tentang usaha akseosris di Heartwarmer dapat kami jadikan sebagai pelajaran, ilmu yang berharga untuk mengembangkan usaha aksesoris kelompok kami. Meniru cara usaha Heartwamer yang telah lebih lama berpengalaman dalam bisnis ini, dan sekarang menjadi toko aksesoris dan gift yang sangat terkenal di kota Bandung khususnya. Dari hasil analisa kami, maka ada ilmu bisnis ini yang dapat kami tiru sebagai berikut:
Pemasaran
Operasional
Keuangan
SDM
Kekurangan pemasaran dari Heartwrmer:
1.Tidak mempunyai web khusus, kurang gencar dalam hal promosi dalam internet, hanya mengandalkan Facebook saja.

Kelebihan:
1.Membuka cabang Heartwarmer di berbagai Mall pusat perbelanjaan di kota Bandung
Hal yang dapat kami tiru yaitu mungkin dengan kekurangan dari Heartwarmer dala promosi di dunia maya, maka kami akan mencoba untuk lebih gencar dalam promosi seperti blog, Facebook, tiwtter, segala macam jejaring social.
Hal yang dapat kami tiru dari segi operasioanlnya adalah mempunyai spare barang yang banyak, agar ketika barang sold out habis stocknya, maka masih ada penggantinya

Hal tersebut memanglah menguntungkan, agar konsumen juga tidak lari ke pesaing. Namun, masih terdapat kendala untuk kelompok kami dari segi modal yang tidak memungkinkan membeli persediaan yang berlebih, karena menjaga-jaga supaya tidak ada penumpukan barang.
Modal yang besar membuat Heatwarmer dapat membuka banyak cabang di kot bandung. Dan omset penjualannya pun meningkat setiap tahunnya.
Heartwarmer mempunyai 3 dan 4 karyawan di setiap tokonya

C. MODIFIKASI usaha  Heartwarmer aksesoris
Pertama telah kami amati usaha Heartwarmer dan kedua telah kami tiru apa usaha Heartwarmer dalam bisnisnya. Langkah terakhir yaitu modifikasi hasil dari sebelumnya, menyesuaikan dan membandingkan  antara apa yang kami dapatkan dari Heartwarmer dan menyesuaikannya dengan bisnis aksesoris Rainbow yang kami jalani sekarang ini.
Pemasaran
Operasi
Keuangan
SDM
Dari segi pemasarannya dapat kami simpulkan bahwa dengan membuka banyak cabang di Mall memanglah sangat menguntungkan, akan tetapi dengan melakukan promosi yang gencar di jejaring social seperti facebook, twitter, facebook dan Blackberry messanger juga dapat lebih menguntungkan untuk kami, dan lingkungan kampus yang kami jadikan sebagai pasar sasaran kami, dengan direct selling ke para mahasiswi di kampus.
Dari segi operasi yang kami modifikasi dalam hal spare barang, kami dapat mengakalinya dengan cara kami sediakan 2model barang yang sama tetapi hanya barang-barang yang khusus saja yaitu barang yang lebih laris di pasar.
Kami menyediakan juga system Preoder, hal tersebut pula membantu dalam penghematan modal, jadi hanya yang di pesan saja yang akan kami order.
Dari keuangannya, kami modifikasi dengan adanya Preorder, menyesuaikan dengan anggaran modal yang tersisa saat ini.
Dari segi sumber daya manusianya, kami manfaatkan tugas masing-masing jabatan, menjalani dengan baik setiap job desk yang ditangani.




















LAMPIRAN



Kewirausahaan QUIZ 4


KEWIRAUSAHAAN QUIZ 4

1. Bentuk - bentuk usaha ketika mengembangkan usaha
    perseroan, persekutuan, CV, firma, PT, yayasan

3. 3 cara memulai usaha
  • memulai dari awal
  • membeli perusahaan orang lain
  • kerja sama manajemen
 4. dokumen-dokumen yang diperlukan dalam suatu usaha

  • SIUP
  • akta notaris
  • lembar negara
  • NPWP
  • ijin domisili
  • TDP
5. 10 kompetensi
  • knowing your business
  • knowing the basic management 
  • having the proper attitude
  • having eduquate capital
  • managing people 
  • manging finance effectively
  • managing time effecienly
  • satisfiying customer by providing high quality product
  • knowing how to compete
  • copying with regulation & paper work
6. motif usaha : 
  • need based (kebutuhan) 
  • opportunity based (peluang)
7. cara mengembangkan kreatifitas ! contoh pada bidang yang kamu alami.
  • Benchmark
  • ATM (amati, tiru, modifikasi)
  • scamps
contoh : menggunakan benchmark yang dipilih sebagai cara kreatifitas dalam usaha yang sedang di alami.

Kewirausahaan QUIZ 3


KEWIRAUSAHAAN QUIZ 3

1. apa yang di maksud tanggung jawab sosial
yaitu berani menanggung apa yang asa dalam lingkungan dimana ia membuat atau membuka usaha


2. apa yang di maksud dengan permodalan
modal merupakan basic yang penting dalam awal membuat usaha besar kecilnya suatu usaha dapat di tentukan oleh modal. dalam usaha modal dapat dari diri sendiri, angel investor keluarga, perbankan, koperasi.


3. sebutkan dokumen yang di perlukan untuk membuat usaha
- SIUP
- akta notaris
- NPWP
- TDP
- ijin domisili


4.  bentuk badan usaha
- cv
- firma
- perseoranagan


5. 3 alternatif dalam membangun usaha baru
- memulai dari awal
- membeli perusahaan orang lain
- kerja sama manajemen


6. apa yang di maksud kreatif & inovasi
- kreatif : mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan merubah ide tersebut menjadi sebuah peluang.
- inovasi :  mengembangkan ide untuk memecahkan masalah dan merubah ide tersebut menjadi sebuah peluang dan di terima di pasar.


7. 10 kompetensi entrepeneur
- knowing your business
- knowing the basic management
- having the proper atitude
- having eduquate capital
- managing finance effectively
- managing time effecienly
- managing people
- satisfiying customer by providing high quality product
- knowing how to compete
- copying with regulation & paper work