Translate

Senin, 17 Desember 2012

ANALISIS PRODUK IKAN TUNA OLAHAN (Suatu penelitian DI PT. Betel Citra Seyan Gorontalo)


Posisi daur hidup produk yang dihasilkan oleh PT. Betel Citra Seyan Gorontalo secara keseluruhan jenis produk yang ada mengalami masa perkenalan pada tahun 2000-2001. Pada tahun 2002 mengalami masa pertumbuhan dengan volume penjualan secara fisik sebesar 59.302,90 Kg, hal ini diakibatkan karena
masih  difokuskan  pada  jenis  Ikan  Tuna  Loins.  Sedangkan  masa  kematangan terjadi pada tahun 2003 dengan volume penjualan sebesar 71.976,65 Kg, hal ini dikarenakan  jenis  ikan  yang  dijual  menjadi  4  (empat)  jenis  yakni:
Loins, Poki/Strip, Saku dan lain-lain. Namun pada tahun 2004, volume penjualan secara fisik yang dilakukan pihak perusahaan mengalami masa penurunan. Penurunan ini diakibatkan antara lain: kondisi musim, kapasitas tangkap bahan baku yang relatif menurun, ketatnya persaingan, potensi laut teluk tomini semakin menurun, dan lain-lain.


Rekomendasi:
Untuk kembali ke tahap pertumbuhan dan kematangan, pihak perusahaan PT. Betel Citra Seyan harus lebih intensif melakukan penerapan marketing mix, meningkatkan  produktifitas  nelayan,  melakukan  kegiatan  budidaya  yang diseimbangkan  dengan  kegiatan  tangkap,  melakukan  kemitraan  yang  dapat meningkatkan  kapasitas produksi serta  penerapan  strategi yang baik  sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar