Translate

Kamis, 26 April 2012

Kewirausahaan BAB7: Sumber Modal Untuk Wirausaha

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan utang! Apakah pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih memiliki utang dalam menjalankan usahanya?

Hutang adalah kewajiban perusahaan kepada pihak lain untuk membayar sejumlah uang atau menyerahkan barang atau jasa pada tanggal tertentu. Berdasarkan jangka waktu pengembaliannya atau pelunasannya hutang dibedakan menjadi hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang.


2.      Jelaskan yang dimaksud dengan modal! Berapa modal pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih?

Modal adalah segala sumber daya hasil produksi yang tahan lama, yang dapat digunakan sebagai input produktif dalam proses produksi berikutnya

  1. Jelaskan sumber-sumber modal bagi wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!

Tabungan, harta bentuk lain, pinjaman, kerjasama.

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan ventura!

yaitu suatu pembiayaan oleh suatu perusahaan kepada suatu perusahaan pasangan usahanya yang prinsip pembiayaanya adalah penyertaan modal. Perusahaan yang menerima penyertaan modal disebut Perusahaan Pasangan Usaha atau Investee Company, dan perusahaan yang melakukan penyertaan modal disebut Perusahaan Modal Ventura.


  1. Jelaskan sumber pendanaan untuk usaha saudara yang mungkin untuk didapatkan! 

·         Dana internal : merupakan dana yang berasal dari internal perusahaan (cash flow internal: seperti laba dan akumulasi penyusutan) atau pun berasal dari penjualan aset usaha dan atau aset pribadi.

·         Dana investor : merupakan sumber dana dari pihak eksternal yang tertarik berinvestasi pada bisnis atau usaha yang sedang dan atau akan dijalankan. Dana investor dapat berupa pinjaman perusahaan, investasi langsung, kerjasama investasi, atau pun pembelian saham.

·         Dana Suplier : merupakan sumber dana yang tidak secara langsung terlihat sebagai fisik uang, namun sumber dana dari suplier berupa fasilitas tempo pembayaran yang lebih panjang. Sumber dana suplier biasanya terjadi jika sudah terdapat kepercayaan yang besar kepada kunsumennya.

·         Dana Lembaga Keuangan : lembaga keuangan di maksud dapat berupa Bank, atau pun lembaga-lembaga pembiayaan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar