Translate

Jumat, 24 Februari 2012

soal2 bab1-4 kewirausahaan


Bab I: Konsep-Konsep Kewirausahaan

  1. Apa yang saudara ketahui tentang kewirausahaan?
Kemampuan seseorang untuk melihat atau menciptakan peluang dan merubah peluang itu menjadi sesuatu  yang berniai ekonomis.
  1. Apa yang saudara ketahui tentang wirausaha?
Wirausaha menurut saya yaitu orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar. Sehingga seorang wirausaha harus mempunyai karakteristik khusus yang melekat pada diri seorang wirausaha seperti percaya diri, mempunyai banyak minat, bisa bersepakat, mempunyai ambisi, berjiwa penjelajah, suka mencoba sesuatu, dll
3.      Jelaskan tipe-tipe seorang wirausaha!
1.      Pekerja keras
2.      Percaya diri
3.      Calculated & risk taker
4.      Kreatif dan inovatif
5.      Displin
6.      Mempunyai visi jauh ke masa depan

4.       Jelaskan fungsi dan peran kewirausahaan !  
Fungsi kewirasahaan ialah:
·         Mengusahakan inovasi-inovasi baru
·         Membuka pasaran baru
·         Memasuki usaha-usaha baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain
·         Memulai produksi jenis barang dan jasa baru
Peran kewirausahaan ialah:
·         Wirausaha berusaha mengurangi pengangguran
·         Wirausaha berusaha mengurangi ketegangan sosial
·         Wirausaha berusaha meningkatkan taraf hidup anggota dan masyarakat lingkunganya
·         Wirausaha berusaha memajukan perekonomian bangsa dan negara
·         Wirausaha berusaha memperkecil sifat ketergantungan terhadap bantuan luar negeri
·         Wirausaha berusaha memenuhi segala macam kebutuhan masyarakat terhadap produk dan adanya jasa



5.       Sebutkan pengusaha yang sukses menurut saudara!
Paris Hilton

6.      Jelaskan karakteristik dan nilai-nilai kewirausahaan!
Selain ia seorang selebritis yang terkenal di Hollywood yang mempunyai modal cantik dan seksi, ia juga memiliki talent yang banyak, seperti menyanyi, acting dan berbisnis. Ia merambah dunia bisnis dalam bidang perhotelan yang bernama “Hilton Hotel” dan meluncurkan parfumenya yg bernama “Paris Hilton”. Ia mempunyai karakteristik yang friendly dan berwawasan luas.

7.      Jelaskan  motif wirausaha

Motif wirausaha di bagi menjadi 2 diantaranya yaitu:
1.      Need Based, wirausaha yang didasarkan faktor kebutuhan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan dari seorang wirausahawan tersebut.
2.      Opporunity Based, usaha yang didasarkan oleh faktor adanya peluang atau menciptakan peluang tersebut.
Opportunity based di bagi menjadi 2 yaitu:
o    Internal: Manajeme Operasi, Finance, Human resources, Pemasaran
o    Eksternal: Lingkunganmakro dan mikro              

8.       Jelaskan proses kewirausahaan
Model proses kewirausahaan mencakup tahap-tahap berikut (Alma, 2007 : 10 – 12) :
1.      proses inovasi
Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk locus of control, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausaha yang besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang mempengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembangan menajdi kewirausahaan melalui proses yang dipengrauhi lingkungan, organisasi dan keluarga (Suryana, 2001 : 34).
2.      proses pemicu
3.      proses pelaksanaan
4.      proses pertumbuhan

9.      Jelaskan 10 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha 
1.      Ketahui bisnis apa yang akan di rintis
2.      Mengetahui dasar-dasar tentang bisnis dan manajemen
3.      Have attitude, mempunyai sikap yang baik dan bear, etika dalam berbisnis
4.      Mempunyai modal yang cukup
5.      Managing finance
6.      Managing time
7.      Managing people
8.      Satisfying customer
9.      Knowing how to compete
10.  Copying with regulation and paper work

Bab II: Membangun Kreativitas dan Inovasi

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
Kemampuan untuk mengembangkan ide-ide  dalam memecahkan masalah, dan membuat ide tersebut dapat di terima oleh pasar.

2.    Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
Inovasimempunyai peran penting dalam kewirausahaan karena inovasi merupakan pengembangan dalam bisnis. Inovasi adalah suatu kerja keras, terobosan dan kaizen (perbaikan secara terus-menerus. Oleh karena itu tanpa inovasi bisnis yang kita jalankan tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan.


3.     Bagaimana proses inovasi?
a.       Melihat peluang. Peluang muncul ketika ada persoalan yang muncul atau dipersepsikan sebagai suatu kesenjangan antara yang seharusnya dan realitanya. Oleh karenanya, perilaku inovatif dimulai dari ketrampilan melihat peluang.
b.      Mengeluarkan ide. Ketika dihadapkan suatu masalah atau dipersepsikan sebagai masalah maka gaya berfikir konvergen yang digunakan yaitu mengeluarkan ide yang sebanyak-banyaknya terhadap masalah yang ada. Dalam tahap ini kreativitas sangat diperlukan.
c.       Mengkaji ide. Tidak Semua ide dapat dipakai, maka dilakukan kajian terhadap ide yang muncul. Gaya berfikir divergen atau mengerucut mulai diterapkan. Salah satu dasar pertimbangan adalah seberapa besar ide tersebut mendatangkan kerugian dan keuntungan. Ide yang realistic yang diterima, sementara ide yang kurang realistic dibuang. Kajian dilakukan terus menerus sampai ditemukan alternative yang paling mempunyai probabilitas sukses yang paling besar.
d.      Implementasi. Dalam tahap ini, keberanian mengambil resiko sangat diperlukan. Resiko berkaitan dengan probabilitas  kesuksesan dan kegagalan, oleh karenanya David Mc Clelland menyarankan pengambilan resiko sebaiknya dalam taraf sedang. Hal ini berakaitan dengan probabilitas untuk sukses yang disebabkan oleh kemampuan pengontrolan perilaku untuk mencapai tujuan atau berinovasi.

4.Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
Kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang dari ide-ide tersebut.

5.      Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
Peran kreativitas dalam kewirausahaan adalah untuk membedakan produk yang kita pasarkan atau kita jual dengan produk lain yang sejenis. Sehingga konsumen dapat tertarik terhadap produk kita. Bisa juga dengan kreativitas produk yang kita buat dapat menjadi ciri khas dari perusahaan atau bisnis yang kita jalankan.

6.      Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
Menurut Zimmererr (1996) untuk mengembangkan ketramplan berfikir, seseorang menggunakan otak sebelah kanan. Sedangkan untuk belajar mengembangkan
ketrampilan berpikir digunakan otak sebelah kiri, cirri-cirinya :
•  Selalu bertanya : Apa ada cara yang lebih baik?
•  Selalu menantang kebiasaan, tradisi dan kebiasaan rutin
•  Mencoba untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda
•  Menyadari kemungkinan banyak jawaban ketimbang satu jawaban
yang benar
•  Melihat kegagalan dan kesalahan sebagai jalan untuk mencapai sukses    Mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk
menghasilkan pemecahan inovasi
•  Memiliki ketrampilan helicopter yaitu kemampuan untuk bangkit di atas
kebiasaan rutin dan melihat permasalahan dari perspektif yang lebih luas
kemudian memfokuskannnya pada kebutuhan untuk berubah.

7.      Bagaimana cara membangun kreatifitas?
·         Amatilah sesuatu yang dikenal
·           Jangan menunda pekerjaan
·           Pejamkan mata dan biarkan pikiran mengembara
·         Ambillah sudut pandang orang lain
·           Melakukan curah-gagasan
·          Belajar menjadi seorang inovator yang baik
·           Ubahlah kebiasaan dan citra diri

8.      Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berpikir dan proses bertindak.

9.      Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!  
Faktor penghambat dapat di klasifikasikan atas dua unsur, yaitu hambatan struktural dan proses. Hambatan struktural  terdiri atas hambatan psikologis, budaya, dan lingkungan, sedangkan hambatan proses terdiri atas hambatan dalam memilih bahasa berpikir, hambatan karena keterpakuan fungsional,  dan hambatan karena kebiasaan memandang dengan cara yang sama.

10.  Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu!
Ir. H. Aburizal Bakrie atau yang biasa dipanggil  Ical mencuat ke pentas nasional berawal dari dunia bisnis. Dia adalah putra sulung pengusaha H Achmad Bakrie, kelahiran Jakarta 15 November 1946.
Kini, Ical memimpin Bakrie Grup, sebuah kelompok bisnis yang dirintis mendiang ayahnya. Grup bisnis yang dirintis ayahnya bermula dari perdagangan rempah-rempah dan hasil perkebunan, khususnya dari Provinsi Lampung.
Di bawah kendali Ical, Grup Bakrie tetap eksis dan mampu bertahan dari badai ekonomi yang melanda negeri ini. Sebelum dikenal sebagai pemimpin kelompok usaha ini, Ical memimpin Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Di dunia usaha pula, dia menjabat Ketua Umum Kadin Indonesia sejak 1994 hingga 2004. Posisinya di Kadin telah mengantarnya untuk berkutat pada persoalan-persoalan nasional yang lebih besar daripada persoalan-persoalan yang dialami perusahaannya sendiri.
Tokoh yang satu ini adalah "trade mark"-nya Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Sebutan itu bukan tidak beralasan. Selama sepuluh tahun (periode 1994-1999 dan 1999-2004) memimpin Kadin, Aburizal Bakrie berhasil membawa organisasi pengusaha itu sangat berpengaruh dalam pengambilan kebijakan pemerintah.
Usai memimpin Kadin Indonesia, Ical ikut konvensi calon presiden yang diselenggarakan Golkar tahun 2004 dan sempat masuk tujuh besar. Meski kandas, tetapi tampaknya dia memetik pelajaran bagaimana permainan politik sesungguhnya.
Pengalaman menjajaki dunia politik itu kemudian mengantarnya menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) periode 2004-2009 dengan posisi sebagai Menko Perekonomian, dan selanjutnya menjabat Menko Kesra. 
Ical pernah disebut-sebut sebagai orang terkaya se-Asia Tenggara. Dia pengusaha yang terbilang paling gemilang pada sepuluh tahun reformasi di Indonesia. Selain bisa keluar dari krisis ekonomi yang mengancam perusahaannya, Bakrie Grup, justru bisa menduduki posisi penting di pemerintahan.

Keluarga Bakrie pernah pula dinobatkan oleh Majalah Forbes Asia sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2007. Dia tidak membantah tetapi juga tidak menanggapinya secara berlebihan.
Apa rahasia sukses bisnis keluarga ini? KABAR heboh itu bertiup dari Singapura. Dari Negeri Singa itulah, majalah Forbes Asia edisi 13 Desember 2007 dilansir. Isinya, seperti tahun-tahun sebelumnya, memajang daftar orang-orang super-tajir alias terkaya dari Indonesia. Dan yang bikin heboh, jawaranya untuk tahun ini adalah Aburizal Bakrie, pengusaha sekaligus politisi yang pernah tersuruk di masa krisis ekonomi satu dekade silam.
Banyak orang terkesiap. Bagaimana mungkin Ical—panggilan akrab Aburizal—yang sebelumnya masih di urutan keenam dengan kekayaan US$ 1,2 miliar, kini menyodok ke urutan teratas? Jawabannya, menurut hasil riset Forbes, terletak pada kemampuannya melipatgandakan pundi-pundi ekayaannya.
Hanya dalam tempo setahun, kekayaan keluarga Aburizal Bakrie melejit hampir lima kali lipat dari angka tahun lalu menjadi US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 50,2 triliun! Berkat prestasi ini, Aburizal langsung menggusur lima taipan papan atas sekaligus. Bos Grup Raja Garuda Mas, Sukanto Tanoto, yang tahun lalu dinobatkan sebagai orang terkaya, kini turun satu peringkat ke urutan runner-up.
Sejumlah kolega Aburizal langsung menyambut dengan suka cita pengumuman Forbes itu. Wakil Presiden (waktu itu) Jusuf Kalla dan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia, Suryo B. Sulisto, termasuk di antaranya. ”Jangan lupa, untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, orang terkaya diduduki oleh pengusaha pribumi,” kata Kalla.
Grup Bakrie memang sedang mujur. Menurut seorang bankir investasi, kelompok usaha ini diuntungkan dua berkah sekaligus: harga komoditas yang melonjak di pasar dunia dan serbuan investor global di pasar modal Asia-Pasifik. Itu sebabnya, indeks saham di sejumlah bursa di kawasan ini melesat rata-rata 27 persen sepanjang tahun ini. BursaIndonesia bahkan diperkirakan tumbuh hingga 52 persen.
PT Bumi Resources Tbk. termasuk salah satu unit usaha Grup Bakrie yang ketiban rezeki nomplok. Produsen batu bara terbesar di Indonesia itu ibarat mendapat durian runtuh. Harga batu bara, produk jualannya, meroket dari US$ 50 per ton pada akhir 2006 menjadi US$ 90 per ton di akhir tahun ini. ”Tren ini dipicu oleh lonjakan permintaan dari Cina dan India,” ujar Poltak Hotradero, analis Recapital Asset Management.
Dengan pendapatan berlipat itu, saham Bumi kian kinclong. Investor pun memburunya di lantai bursa. Akibatnya, hanya dalam tempo setahun, harga sahamnya meningkat enam kali lipat, dari Rp 920 per saham pada akhir tahun lalu menjadi Rp 6.000 per 26 Desember lalu. Secara otomatis, kapitalisasi pasar Bumi pun melonjak menjadi Rp 116,4 triliun—terbesar kedua setelah PT Telekomunikasi Indonesia.
Keluarga Bakrie sebagai pemilik 40 persen saham Bumi tentu ikut sumringah. Saham yang dikantonginya itu kini bernilai tunai Rp 47 triliun. Ini berarti lebih dari 90 persen dari total kekayaannya yang ditaksir Forbes sekitar Rp 50,2 triliun berasal dari kepemilikan saham perusahaan tambang ini. ”Ini bukti pasar percaya,” ujar Aburizal di Jimbaran, Bali.
Itu baru dari saham Bumi. Keluarga ini masih memiliki tambang duit lain di bursa Indonesia. Harga saham PT Bakrieland Development naik 223 persen, PT Energi Mega Persada 190 persen, PT Bakrie Sumatra Plantations 126 persen, PT Bakrie & Brothers 96 persen, dan PT Bakrie Telecom 75 persen. Umumnya, keluarga ini menjadi pemilik mayoritas di perusahaan-perusahaan publik tersebut.
Lalu apa rahasia di balik kejayaan Grup Bakrie? Sejumlah analis dan eksekutif dari grup bisnis ini menyebut kuncinya terletak pada kepiawaian manajemen melihat peluang dan waktu dalam pengambilan keputusan. Menurut Suryo Sulisto, Presiden Komisaris Bumi Resources, ini tak lepas dari gerak cepat Grup Bakrie membajak para profesional handal, dari dalam dan luar negeri, untuk menduduki posisi teras manajemen.





11.  Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
Kami akan menjual aksesoris wanita maupun laki-laki, kami akan memasarkannya lewat berbagai media,online,langsung terjun ke customer nya,dan promosi lainnya. Untuk akse soris wanita yang kami jual, bisa dipesan sesuai keinginan customer sendiri.

12.  Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan Inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!      
Usaha kelompok kami menjual acceocris perempuan, perbedaan usaha kami dengan pesaing kami menawarkan acecoriske market dengan cara berbagai hal seperti kami promosi di facebook, twitter, blog, group bbm, dan direct selling.

Bab III: Ide dan Identifikasi Peluang Usaha atau bisnis


  1. Bagaimana mengembangkan Ide kewirausahaan!
Mengembangkan ide kewirausahaan dengan cara selalu membuat inovasi sehingga para konsumen tidak merasa bosan dengan produk/jasa yang kita buat.
  1. Bagaimana pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih dalam mengembangkan ide usaha mereka pada waktu pertama kali?
Bakrie Group berdiri pada tanggal 10 februari 1942 di Teluk Betung Lampung. Perusahaan ini pertama kali bergerak di perdagangan karet, kopi dan lada. Ekspansi Perusahaan dikembangkan tidak hanya perdagangan antar daerah.  Tetapi sudah merambah ke Mancanegara. Kerjasama eksport pertama dimulai ke Negara Singapore. 5 (lima) tahun kemudian pada tahun 1957 usaha kelompok Bakrie tidak hanya bermain di sektor perdagangan dan perkebunan, tapi merambah ke sektor industri manufaktur. Gebrakan pertama dengan membeli sebuah pabrik kawat dan kemudian memperluas bisnisnya dengan mendirikan pabrik pipa baja, pabrik cor logam, dan pabrik karet remah. Dan saat ini sektor industri manufaktur berkibar pesat.


3.      Jelaskan sumber-sumber potensial peluang! Berikan contoh sumber-sumber potensial peluang pada pengusaha dan  perusahaan yang saudara pilih!
perusahaan Bakrie dengan provider CDMA nya berhasil membuat peluang bisnis yang cukup menguasai pasar, dengan harga ponsel dan tarif provider yang cukup murah dengan itu perusahaan bakrie (ESIA) bisa menguasai pasar dari berbagai kalangan, atas maupun kalangan bawah .
 

4.       Jelaskan bekal kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih

Menjadi seorang wirausaha harus mempunyai bekal kemampuan dan pengetahuan KREATIF DAN INOVATIF, karena dalam membuat suatu usaha harus terus menerus berkembang, jangan membuat para konsumen 'bosan' terhadap produk kita.
contohnya : perusahaan Bakrie membuat usaha dibidang komunikasi, bakrie membuat oroduk provider ESIA, dengan harga dan tarif yang sangat murah sehingga banyak orang yang ingin memilikinya, tidak hanya murah tarifnya, Esia memunyai paket-paket tarif yang lebih menguntungkan. 
           

5.       Jelaskan penyaringan ide usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih
Tahap Gagasan, Tahap Konsep, Tahap Pengembangan Produk, Tahap Uji Pemasaran, Tahap Komersialisasi.

6.       Jelaskan kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
Kurangnya obyektivitas, Kurangnya kedekatan dengan pasar, Pemahaman kebutuhan teknis yang tidak memadai, Diabaikannya kebutuhan finansial, Kurangnya diferensiasi produk, Pemahaman terhadap masalah-masalah hukum yang tidak memadai
7.      Buatlah ide usaha untuk usaha yang akan saudara jalankan untuk satu semester ini! 
kami akan menjual aksesoris wanita maupun laki-laki, kami akan memasarkannya lewat berbagai media,online,langsung terjun ke customer nya,dan promosi lainnya. Untuk akse soris wanita yang kami jual, bisa dipesan sesuai keinginan customer sendiri

Bab 4: Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya

  1. Bagaimana cara memasuki dunia usaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih tentang cara mereka memasuki dunia usaha!
a.       Merintis usaa baru (starting), yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal, ide, organisasi, dan manajemen yang d rancang sendiri.
b.      Membeli perusahaan orang lain (buying), yaitu dengan membeli perusahaan yang telah di dirikan atau di rintis dan di organisasir oleh orang lain dengan nama dan organisasi usaha yang sudah ada.
c.       Kerjasama manajemen (franchising), yaitu suatu kerja sama antara entrepreneur denga perusahaan besar dalam mengadakan persetejuan jual beli hak monopoli untuk menyelanggarakan. Usaha kerjasama ini biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat, rencana bangunan, pembelian peralatan, pola arus kerja, pemilihan karyawan, advertensi, pembukuan, pencatatan dan akuntansi, konsultas, standar, promosi, pengendalian kualitas, riset, nsihat, dan sumber-sumber permodalan.

  1. Jelaskan profil usaha kecil dan model pengembangannya! Berikan gambaran profil dan model pengembangan usaha oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
Model pengembangan usaha kecil :
         - klaster/kelompok.
         - pencangkokan bisnis.
         - kredit.
  1. Bagaimana kerangka pengembangan usaha kecil? Berikan gambaran dari pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
·         Mengembangkan pendampingan yang mandiri dan berkelanjutan, termasuk melakukan penguatan lembaga-lembaga pendampingan terutama yang berfungsi menghubungkan sector formal dan non-formal.
·         Memadukan pendekatan kelompok dan individual sesuai dengan kebutuhan dan penerimaan masyarakat.
·         Mengembangkan keterpaduan antara penyaluran pinjaman dan mobilisasi tabungan masyarakat, sekaligus menjadikan tabungan sebagai basis system dan kekuatan keuangan mikro.
·         Membangun kapasitas lembaga keuangan mikro, melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga pendamping, dunia usaha, lembaga internasional, kerjasama antar LKM, dan instansi pemerintah; terutama dalam hal peningkatan kemampuan sumberdaya manusia; system dan prosedur operasi, teknologi, terutama teknologi informasi; jaringan kerjasama; dan aksesibilitas terhadap berbagai dukungan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat.
·         Menegaskan kembali sekaligus memberikan pengakuan dan apresiasi terhadap arti peranan perempuan dalam setiap usaha pengembangan keuangan mikro.

  1. Jelaskan tantangan untuk mendirikan usaha baru! Berikan gambaran pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
·         kurangnya pengalaman dalam berbisnis 
·         kurangnya pengetahuan dalam berbisnis
·         ancaman dari produk pesaing
·         ancaman dari produk subtitusi 
·         kemampuan melihat dan memanfaat kan peluang
·         inovasi
Saya memilih usaha Bakrie karena menurut saya usaha beliau sudah mampu menguasai pasar dalam produk provider CDMA, dengan memanfaatkan peluang yang ada, menguasai berbagai kalangan atas maupun bawah.


  1. Jelaskan kegagalan dalam mendirikan usaha baru! Berikan gambaran kegagalan yang pernah dialami oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
-       kegagalan dalam produksi
-       kegagalan dalam mengelola dan memelihara sumber daya manusi
-       kegagalan dalam melakukan pemasaran
-       kegagalan dalam menerapkan brain image kepada konsumen
-       kegagalan dalam berinovasi yang tidak di terima oleh psar

  1.  Jelaskan rencana pengembangan usaha yang saudara pilih!
Rencana yang akan saya pilih adalah Memadukan pendekatan kelompok dan individual sesuai dengan kebutuhan dan penerimaan masyarakat. karena dengan cara seperti itulah kita bisa mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh para konsumen pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar