SAP : THE COMPANY
Jelaskan
1.
Tahun
berdiri SAP dan dimana?
Pada tahun 1972 di Weinheim, Jerman, dengan kantor utama
di dekat Mannheim
2.
Pendiri
Hasso Plattner, Dietmar Hopp, Claus
Wellenreuther, Klaus Tschira, dan Hans-Werner Hektor
Wellenreuther, Klaus Tschira, dan Hans-Werner Hektor
SAP (Sistem Analisis dan Pengembangan
Program) pada tahun 1972
4.
Singkatan
SAP sekarang
SAP(System, Application, and
Product in
Data Processing)
5.
Menjelaskan
konsep dan sejaran ERP system
sejarah Sistem ERP menangani proses manufaktur,
logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akunting
perusahaan dan sistem ini dapat
mengintegrasikan manajemen keuangan, manajemen oprasi, dan manajemen sumber daya manusia
6.
Jelaskan
beda antara SAP sebagai solution dan sebagai aplikasi
7.
Gambaran
karyawan SAP
SAP
suasana ditinctive hits Anda saat Anda tiba. Pelamar yang mengunjungi SAP untuk pertama kalinya segera melihat mengapa perusahaan
sangat populer SAP karyawan> 30.000 karyawan
pengembang, konsultan, pelatih, akuntan, manajer
faciliteis, orang penjualan, listrik, penerjemah
8.
An exemplary
corporate culture
Menjelaskan
mengenai karyawan baru adalah pengenalan dunia getah melalui acara orientasi
khusus, program pelatihan dan konsep mentoring yang memastikan setiap karyawan
memiliki panduan praktis selama ini. karena mentalitas tim sangat dihargai di
getah. semua karyawan bisa bergantung sepenuhnya pada rekan-rekan mereka.
karyawan baru khususnya bisa mendapatkan keuntungan dari tips dan informasi yang
diberikan oleh rekan-rekan yang lebih berpengalaman
9.
Achievement
orientation, creativity and innovation
budaya SAP menawarkan sejumlah
besar kebebasan pribadi. sehingga
kebebasan memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk mengembangkan
dan mewujudkan ide-ide mereka. konsep kreatif dan inovatif selalu diterima dalam tim dan ide-ide baru yang
didukung. dukungan ini mendorong
setiap karyawan dan meningkatkan produktivitas baik di dalam tim dan di luar batas-batas
departemen. kurangnya birokrasi dan pembatasan hirarkis memungkinkan informasi untuk cepat sampai ke tempat itu perlu
10. Training through personal
development
11. Contoh konsumen SAP
12. Portal SAP
13. Social engagement
sebagai penyedia global terkemuka
perangkat lunak perusahaan. SAP memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa
proses bisnis yang halus dan transparan. Namun SAP tidak hanya memiliki
tanggung jawab kepada para pelanggan dan mitra tetapi juga untuk masyarakat
pada umumnya. untuk alasan ini keterlibatan sosial merupakan komponen penting dari
strategi perusahaan SAP
14. Corporate citizenship
SAP ingin memainkan perannya dalam penciptaan lingkungan yang produktif
dan transparan yang bermanfaat bagi semua orang. SAP mempromosikan kemitraan
dan kerjasama dengan semua organisasi
sosial yang juga menghormati tujuan ini, dan secara aktif terlibat dalam
acticities sosial, ilmiah, dan budaya
15. Regional engagement
mempromosikan pembangunan - menangkap peluang masa depan melalui inovasi "Di
bawah moto ini, organisasi
pendukung SAP dan lembaga di daerah setempat dari kantor cabang.
16. Government relations
Kami menganggap serius tanggung jawab kami sebagai mitra yang kompeten dan penasihat, sebagai pemimpin pemikiran dan pemimpin pembangunan.
SAP sehingga mendukung
program nasional dan internasional yang
custumer ramah, adil, dapat
diandalkan dan berbasis pada ekonomi pasar.
17. Sport sponsorhsip
Introduction Lesson : Product
overview
Jelaskan
1.
Sejarah ERP
system
Timeline Sistem
Deskripsi 1960 Inventarisasi Manajemen & Pengendalian Manajemen Inventori
dan kontrol adalah kombinasi dari teknologi informasi dan proses bisnis
mempertahankan tingkat yang tepat saham di gudang. Kegiatan manajemen
persediaan mencakup persyaratan persediaan mengidentifikasi, menetapkan target,
menyediakan teknik pengisian dan pilihan, pemantauan penggunaan item,
mendamaikan saldo persediaan, dan pelaporan status persediaan. 1970 Perencanaan
Kebutuhan Material (MRP) Bahan Kebutuhan Perencanaan (MRP) menggunakan aplikasi
perangkat lunak untuk proses penjadwalan produksi. MRP menghasilkan jadwal
untuk operasi dan pembelian bahan baku berdasarkan persyaratan produksi barang
jadi, struktur sistem produksi, persediaan saat ini tingkat dan ukuran banyak
prosedur untuk setiap operasi. 1980 Manufaktur Persyaratan Perencanaan (MRP II)
Manufaktur Persyaratan Perencanaan atau MRP menggunakan aplikasi perangkat
lunak untuk mengkoordinasikan proses manufaktur, dari perencanaan produk,
bagian pembelian, inventory control untuk distribusi produk. 1990 Enterprise Resource
Planning (ERP) Enterprise Resource Planning atau ERP menggunakan multi-modul
perangkat lunak aplikasi untuk meningkatkan kinerja proses bisnis internal.
Sistem ERP sering mengintegrasikan kegiatan bisnis di departemen fungsional,
dari perencanaan produk, pembelian suku, inventory control, distribusi produk,
kepuasan, untuk memesan pelacakan. ERP perangkat lunak sistem dapat meliputi
modul aplikasi untuk mendukung sumber daya pemasaran, keuangan, akuntansi dan
manusia.
2.
Jelaskan
tiga produk SAP untuk perusahaan besar, menengah dan kecil
mySAP
Business Suite yaitu Core fungsi ditambah CRM produk manajemen siklus hidup,
pengembangan,kualitas dan pemeliharaan
-Manajemen rantai
suplai,Koordinasi bahan baku, informasi, dan keuangan
-PemasokmanajemenhubunganUntuk pembelian
-PemasokmanajemenhubunganUntuk pembelian
Lebih
dikenal dengan nama R/3, merupakan produk utama dan pertama dari SAP. Sudah
memiliki ratusan customer yang merupakan korporasi di seluruh dunia. Merupakan
full customise system, menggunakan bahasa pemrograman sendiri(ABAP). Untuk
mengimplementasikan produk yang satu ini, anda perlu meluangkan investasi min
US$ 500.000, waktu implementasi min 1 thn, serta team IT yang solid dan
capable.
SAP All-in-One.
Jenis ini disebut juga
A1, merupakan turunan dari R/3 yang sudah memiliki best practice dari industri
vertical tertentu (mis: trading, distribusi, manufacture, building management,
etc.) Sama seperti R/3 merupakan full customise system juga, akan tetapi sudah
ada rangka best practice-nya. Programming language: ABAP. Untuk
mengimplementasikan produk yg satu ini, persiapkan investasi sebesar min US$
150.000, dengan waktu implementasi min 6 bln, serta team IT yg solid &
capable.
Ilustrasinya: Kerangka dan design rumah sudah ada, tinggal anda customise sesuai keinginan anda.
Ilustrasinya: Kerangka dan design rumah sudah ada, tinggal anda customise sesuai keinginan anda.
mySAP Business One
Sering disebut B1, merupakan
produk paling ekonomis dari SAP. Dengan general modul yg bisa dipergunakan di
semua jenis perusahaan,( Industry solution,.Core function, Rapid
implementation, Lower costs.
B1 memiliki keunggulan dengan
adanya fondasi yang kuat, ditopang oleh flexibilitas program mengikuti business
proses dari customer menggunakan Add On modul. Investasinya berkisar dari US$
30.000 – 100.000 dengan waktu implementasi mulai 20 man days.
Ilustrasi: bangunan rumah sudah ada, tinggal pilih interior, warna cat, dekorasi dll.
Ilustrasi: bangunan rumah sudah ada, tinggal pilih interior, warna cat, dekorasi dll.
3.
MySAP
solution terdiri
dari
solusi getah individu.
solusi masing-masing memiliki area fokus sendiri dan menyediakan
fungsi untuk memetakan daerah ini
dengan cara yang fleksibel dan
komprehensif. semua solusi didasarkan
pada teknologi SAP NetWeaver
4.
Component or
application
5.
Isi dari
component
6.
Membedakan
SAP sebagai solution dan sebagai component
7.
SAP NetWeaver technology
8.
Sebutkan empat area SAP NetWeaver
Ø People Integration
integrasi orang memastikan bahwa karyawan Anda memiliki informasi dan fungsi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan
mereka secepat abd seefisien mungkin. fungsi dari SAP portal perusahaan memainkan peran sentral di sini
Ø Information integration
integrasi informasi digunakan
untuk mengelola
semua data yang relevan dengan perusahaan ini mencakup
data untuk perusahaan Anda
sendiri dan data yang berhubungan dengan pihak ketiga
Ø Process integration
proses integrasi memastikan bahwa proses bisnis
berjalan melintasi batas sistem dalam lanskap sistem heterogen. ini dicapai
dengan menggunakan paket data XML dan skenario alur kerja, misalnya. SAP
pertukaran infrastruktur (SAP XI) memainkan peran sentral di sini
Ø Application Platform
platform aplikasi dukungan java 2 enterprise edition
(J2EE) dan ABAP (bahasa pemrograman SAP) dalam satu lingkungan. ia menjamin
independensi sistem database dan operasi, dukungan penuh dari
platform-independen. layanan web dan aplikasi perusahaan dan lingkungan terbuka
yang didasarkan pada standar yang diakui. komponen utama dari platform aplikasi
adalah web server aplikasi SAP
9.
SAP netweaver component
10.
Jelaskan MySAP ERP, mySAP ERP Financial, mySAP ERP HCM, mySAP Business suite,
mySAP CRM, mySAP PLC, mySAP SCM, mySAP SRM,
Ø MySAP ERPdirancang
sedemikian
rupa sehingga perusahaan dapat melaksanakan hanya fungsi
bisnis yang mereka butuhkan saat mereka
membutuhkannya, sehingga mempermudah upgrade
dan mengurangi biaya total
kepemilikan dengan mySAP ERP, SAP telah menetapkan
standar baru untuk sistem ERP. solusi
ini menggabungkan mySAP ERP
keuangan dan ERP mySAP
solusi manajemen modal
manusia dan juga mengandung fungsi dasar untuk operas
Ø MySAP
ERP Financial tujuan dari solusi ini adalah dengan memanfaatkan dana perusahaan secara efektif dan meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang
Ø MySAP
ERP HCM setiap perusahaan memiliki karyawan. mereka adalah sumber daya penting dan mySAP ERP HCM
memungkinkan Anda untuk memanfaatkan
secara efektif terhadap keberhasilan perusahaan Anda. solusi ini mencakup semua aspek sumber daya manusia dari perekrutan dan pelatihan melalui penggajian
Ø MySAP
Business suite jika Anda ingin tetap kompetitif dalam iklim ekonomi
saat ini, Anda harus fleksibel dan mampu berubah untuk memenuhi tuntutan baru
konstan dari pelanggan Anda. MySAP Business Suite penyedia fleksibilitas ini
dalam satu paket lengkap solusi terintegrasi terbuka untuk seluruh rantai
nilai. pelanggan karyawan, supliers dan mitra bersama-sama melakukan dari satu
unit dalam sebuah proses yang membutuhkan waktu hampir tidak ada sama sekali.
fungsi inti dan solusi dari mySAP ERP ditingkatkan dan diperpanjang melalui
solusi berikut di suite bisnis mySAP
Ø MySAP Customer Relationship
Management adalah solusi yang menempatkan pelanggan pertama. pelanggan dapat menghubungi perusahaan melalui sejumlah saluran komunikasi
Ø MySAP Product Lifecycle Management solusi
ini
menawarkan fumctions untuk pengembangan produk, keamanan produk, kualitas dan pemeliharaan
Ø MySAP Supply Chain Management rantai
pasokan
tidak berakhir di pintu gudang. Anda
dapat menggunakan mySAP SCM untuk
merencanakan dan mengoptimalkan rantai pasokan lintas batas perusahaan
Ø MySAP
Supplier Relationship Management pengadaan melalui internet dan pasar hanya dua
cara untuk mengoptimalkan pembelian. karyawan dapat menggunakan solusi ini
untuk menyediakan pengadaan dengan informasi tentang permintaan langsung dari
pusat-pusat kerja mereka dengan cepat, mudah dan efektif
11.
Industri yang dilayani oleh SAP
Automotive
Banking
Chemicals
Healthcare
Logistics
service providers
Mining
Oil and Gas
Public
Sector
Retails
12.
Jelaskan SAP xApps
13.
Karakteristik dari SAP xApps
14.
Contoh SAP xApps
v SAP xApp Cost and Quotation
Management (SAP xCQM)
v SAP xApp Resource and Portfolio
Management (SAP xRPM)
v SAP xApp Product Definition (SAP
xPD)
v SAP xApp Emissions Management (SAP
xEM)
15.
Jelaskan mySAP all in one dan keuntungannya
16.Jelaskan
mySAP business one dan keuntungannya
17.
SAP is a solution company
18.
mySAP solution platforms are open and flexible (True/False)
True
19. all of the mySAP solutions
are role based
Navigation Lesson: Navigating in the
SAP system
Jelaskan
1.
Gambarkan lay out SAP easy access screen
2.
Tiga cara navigasi untuk memulai transaksi
3.
Beda antara SAP standard menu dengan role based user menue
4.
Sebutkan menu standar dalam screen SAP
Office, cross application components, collaboration project,logostic,
accounting,human resources, information system, tools.
5.
Bagian dari Screen SAP yang menunjukkan informasi umum dalam sistem SAP dan
transaksi atau task yang sedang dikerjakan
6.
Sebutkan cara untuk mengakhiri atau menutup SAP dengan menuliskan pada common
field
/n
7.
Jelaskan bagian-bagian : menu bar, standard tool bar, title bar, apllication
tool bar, comman field, status bar, input field, check boxes, radio buttons,
tab, transaction code, menus, favorite or user menu
8.
Cara mengetahui transaction code
9.
T Code: /n, /nxxxx/, /o, /oxxxx, /nend, /nex, /i, su3, sm04, /nsm04
n/, cancels the current transaction
/nxxxx, Initiates the
specified transaction directly from another transaction
/o, Displays an overview of
sessions
/oxxxx, Initiates the
specified transaction in a new session
/nend, Ends the logon session
with a confirmation pop-up window
/nex, Ends the logon session
without a confirmation pop-up window
/I, Deletes
your current session
10.
Role based user menus,
11.
Sebutkan tiga isi dari menu Favorites
12.
Isi dari status bar
13. Status fild
Navigation Lesson : Using Help
1. Berikan
gambaran bentuk Help dalam SAP system
2. Sebutkan cara
melakukan help
·
List and describe the forms of
help in the SAP system
·
Search for information and
obtain help using the different help methods in the SAP system.
3. Sebutkan 3
online help
·
SAP library, Glossary, reales
notes
4. Application
help, SAP library, Glossary, Release notes, SAPnet, Feedback, Setting
·
Application help : displays
comprehensive help for the current application.
·
SAP Library : all online
documentation can be found there.
·
Glossary : can search
definition of terms in the glossary.
·
Reales notes : describe
functional changes that occur between SAP system realeses.
5.
Penjelasan F1, F4
·
F1 help also provides
technical information on the relevant field.
·
F4 help for selected field
using the button immediately to the right of the field.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar