Translate

Kamis, 16 Februari 2012

tugas soal unit 1 dan 2


           
SAP : THE COMPANY
Jelaskan
1.         Tahun berdiri SAP dan dimana?
Pada tahun 1972 di Weinheim, Jerman, dengan kantor utama di dekat Mannheim
2.         Pendiri
Hasso Plattner, Dietmar Hopp, Claus
Wellenreuther, Klaus Tschira, dan Hans-Werner Hektor
3.         Singkatan SAP diawal
SAP (Sistem Analisis dan Pengembangan Program) pada tahun 1972
4.         Singkatan SAP sekarang
SAP(System, Application, and Product in Data Processing)
5.         Menjelaskan konsep dan sejaran ERP system
sejarah Sistem ERP menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akunting perusahaan dan sistem ini dapat  mengintegrasikan manajemen keuangan, manajemen oprasi,  dan manajemen sumber daya manusia

6.         Jelaskan beda antara SAP sebagai solution dan sebagai aplikasi



7.         Gambaran karyawan SAP
SAP suasana ditinctive hits Anda saat Anda tiba. Pelamar yang mengunjungi SAP untuk pertama kalinya segera melihat mengapa perusahaan sangat populer SAP karyawan> 30.000 karyawan pengembang, konsultan, pelatih, akuntan, manajer faciliteis, orang penjualan, listrik, penerjemah

8.         An exemplary corporate culture
Menjelaskan mengenai karyawan baru adalah pengenalan dunia getah melalui acara orientasi khusus, program pelatihan dan konsep mentoring yang memastikan setiap karyawan memiliki panduan praktis selama ini. karena mentalitas tim sangat dihargai di getah. semua karyawan bisa bergantung sepenuhnya pada rekan-rekan mereka. karyawan baru khususnya bisa mendapatkan keuntungan dari tips dan informasi yang diberikan oleh rekan-rekan yang lebih berpengalaman
9.         Achievement orientation, creativity and innovation
budaya SAP menawarkan sejumlah besar kebebasan pribadi. sehingga kebebasan memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk mengembangkan dan mewujudkan ide-ide mereka. konsep kreatif dan inovatif selalu diterima dalam tim dan ide-ide baru yang didukung. dukungan ini mendorong setiap karyawan dan meningkatkan produktivitas baik di dalam tim dan di luar batas-batas departemen. kurangnya birokrasi dan pembatasan hirarkis memungkinkan informasi untuk cepat sampai ke tempat itu perlu




10.     Training through personal development


11.     Contoh konsumen SAP

12.     Portal SAP

13.     Social engagement
sebagai penyedia global terkemuka perangkat lunak perusahaan. SAP memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa proses bisnis yang halus dan transparan. Namun SAP tidak hanya memiliki tanggung jawab kepada para pelanggan dan mitra tetapi juga untuk masyarakat pada umumnya. untuk alasan ini keterlibatan sosial merupakan komponen penting dari strategi perusahaan SAP


14.     Corporate citizenship
SAP ingin memainkan perannya dalam penciptaan lingkungan yang produktif dan transparan yang bermanfaat bagi semua orang. SAP mempromosikan kemitraan dan kerjasama dengan semua organisasi sosial yang juga menghormati tujuan ini, dan secara aktif terlibat dalam acticities sosial, ilmiah, dan budaya


15.     Regional engagement
mempromosikan pembangunan - menangkap peluang masa depan melalui inovasi "Di bawah moto ini, organisasi pendukung SAP dan lembaga di daerah setempat dari kantor cabang.

16.     Government relations
Kami menganggap serius tanggung jawab kami sebagai mitra yang kompeten dan penasihat, sebagai pemimpin pemikiran dan pemimpin pembangunan. SAP sehingga mendukung program nasional dan internasional yang custumer ramah, adil, dapat diandalkan dan berbasis pada ekonomi pasar.
            17.   Sport sponsorhsip
           







Introduction Lesson : Product overview
Jelaskan
1.         Sejarah ERP system

Timeline Sistem Deskripsi 1960 Inventarisasi Manajemen & Pengendalian Manajemen Inventori dan kontrol adalah kombinasi dari teknologi informasi dan proses bisnis mempertahankan tingkat yang tepat saham di gudang. Kegiatan manajemen persediaan mencakup persyaratan persediaan mengidentifikasi, menetapkan target, menyediakan teknik pengisian dan pilihan, pemantauan penggunaan item, mendamaikan saldo persediaan, dan pelaporan status persediaan. 1970 Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) Bahan Kebutuhan Perencanaan (MRP) menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk proses penjadwalan produksi. MRP menghasilkan jadwal untuk operasi dan pembelian bahan baku berdasarkan persyaratan produksi barang jadi, struktur sistem produksi, persediaan saat ini tingkat dan ukuran banyak prosedur untuk setiap operasi. 1980 Manufaktur Persyaratan Perencanaan (MRP II) Manufaktur Persyaratan Perencanaan atau MRP menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk mengkoordinasikan proses manufaktur, dari perencanaan produk, bagian pembelian, inventory control untuk distribusi produk. 1990 Enterprise Resource Planning (ERP) Enterprise Resource Planning atau ERP menggunakan multi-modul perangkat lunak aplikasi untuk meningkatkan kinerja proses bisnis internal. Sistem ERP sering mengintegrasikan kegiatan bisnis di departemen fungsional, dari perencanaan produk, pembelian suku, inventory control, distribusi produk, kepuasan, untuk memesan pelacakan. ERP perangkat lunak sistem dapat meliputi modul aplikasi untuk mendukung sumber daya pemasaran, keuangan, akuntansi dan manusia.

2.         Jelaskan tiga produk SAP untuk perusahaan besar, menengah dan kecil
*                  mySAP Business Suite yaitu Core fungsi ditambah CRM produk manajemen siklus hidup, pengembangan,kualitas dan pemeliharaan
-Manajemen rantai suplai,Koordinasi bahan baku, informasi, dan keuangan
-PemasokmanajemenhubunganUntuk pembelian
Lebih dikenal dengan nama R/3, merupakan produk utama dan pertama dari SAP. Sudah memiliki ratusan customer yang merupakan korporasi di seluruh dunia. Merupakan full customise system, menggunakan bahasa pemrograman sendiri(ABAP). Untuk mengimplementasikan produk yang satu ini, anda perlu meluangkan investasi min US$ 500.000, waktu implementasi min 1 thn, serta team IT yang solid dan capable.
*                  SAP All-in-One.
          Jenis ini disebut juga  A1, merupakan turunan dari R/3 yang sudah memiliki best practice dari industri vertical tertentu (mis: trading, distribusi, manufacture, building management, etc.) Sama seperti R/3 merupakan full customise system juga, akan tetapi sudah ada rangka best practice-nya. Programming language: ABAP. Untuk mengimplementasikan produk yg satu ini, persiapkan investasi sebesar min US$ 150.000, dengan waktu implementasi min 6 bln, serta team IT yg solid & capable.
Ilustrasinya: Kerangka dan design rumah sudah ada, tinggal anda customise sesuai keinginan anda.

*                     mySAP Business One

Sering disebut B1, merupakan produk paling ekonomis dari SAP. Dengan general modul yg bisa dipergunakan di semua jenis perusahaan,( Industry solution,.Core function, Rapid implementation, Lower costs.
B1 memiliki keunggulan dengan adanya fondasi yang kuat, ditopang oleh flexibilitas program mengikuti business proses dari customer menggunakan Add On modul. Investasinya berkisar dari US$ 30.000 – 100.000 dengan waktu implementasi mulai 20 man days.
Ilustrasi: bangunan rumah sudah ada, tinggal pilih interior, warna cat, dekorasi dll.


3.         MySAP solution terdiri dari solusi getah individu. solusi masing-masing memiliki area fokus sendiri dan menyediakan fungsi untuk memetakan daerah ini dengan cara yang fleksibel dan komprehensif. semua solusi didasarkan pada teknologi SAP NetWeaver


4.         Component or application

5.         Isi dari component


6.         Membedakan SAP sebagai solution dan sebagai component
                 

      7.       SAP NetWeaver technology
                 
      8.       Sebutkan empat area SAP NetWeaver 
Ø    People Integration
integrasi orang memastikan bahwa karyawan Anda memiliki informasi dan fungsi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka secepat abd seefisien mungkin. fungsi dari SAP portal perusahaan memainkan peran sentral di sini
Ø    Information integration
integrasi informasi digunakan untuk mengelola semua data yang relevan dengan perusahaan ini mencakup data untuk perusahaan Anda sendiri dan data yang berhubungan dengan pihak ketiga

Ø    Process integration
proses integrasi memastikan bahwa proses bisnis berjalan melintasi batas sistem dalam lanskap sistem heterogen. ini dicapai dengan menggunakan paket data XML dan skenario alur kerja, misalnya. SAP pertukaran infrastruktur (SAP XI) memainkan peran sentral di sini
Ø    Application Platform
platform aplikasi dukungan java 2 enterprise edition (J2EE) dan ABAP (bahasa pemrograman SAP) dalam satu lingkungan. ia menjamin independensi sistem database dan operasi, dukungan penuh dari platform-independen. layanan web dan aplikasi perusahaan dan lingkungan terbuka yang didasarkan pada standar yang diakui. komponen utama dari platform aplikasi adalah web server aplikasi SAP

      9.       SAP netweaver component

10.   Jelaskan MySAP ERP, mySAP ERP Financial, mySAP ERP HCM, mySAP Business suite, mySAP CRM, mySAP PLC, mySAP SCM, mySAP SRM,
                 
Ø  MySAP ERPdirancang sedemikian rupa sehingga perusahaan dapat melaksanakan hanya fungsi bisnis yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya, sehingga mempermudah upgrade dan mengurangi biaya total kepemilikan dengan mySAP ERP, SAP telah menetapkan standar baru untuk sistem ERP. solusi ini menggabungkan mySAP ERP keuangan dan ERP mySAP solusi manajemen modal manusia dan juga mengandung fungsi dasar untuk operas
Ø  MySAP ERP Financial tujuan dari solusi ini adalah dengan memanfaatkan dana perusahaan secara efektif dan meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang
Ø  MySAP ERP HCM setiap perusahaan memiliki karyawan. mereka adalah sumber daya penting dan mySAP ERP HCM memungkinkan Anda untuk memanfaatkan secara efektif terhadap keberhasilan perusahaan Anda. solusi ini mencakup semua aspek sumber daya manusia dari perekrutan dan pelatihan melalui penggajian
Ø  MySAP Business suite jika Anda ingin tetap kompetitif dalam iklim ekonomi saat ini, Anda harus fleksibel dan mampu berubah untuk memenuhi tuntutan baru konstan dari pelanggan Anda. MySAP Business Suite penyedia fleksibilitas ini dalam satu paket lengkap solusi terintegrasi terbuka untuk seluruh rantai nilai. pelanggan karyawan, supliers dan mitra bersama-sama melakukan dari satu unit dalam sebuah proses yang membutuhkan waktu hampir tidak ada sama sekali. fungsi inti dan solusi dari mySAP ERP ditingkatkan dan diperpanjang melalui solusi berikut di suite bisnis mySAP
Ø  MySAP Customer Relationship Management adalah solusi yang menempatkan pelanggan pertama. pelanggan dapat menghubungi perusahaan melalui sejumlah saluran komunikasi
Ø  MySAP Product Lifecycle Management solusi ini menawarkan fumctions untuk pengembangan produk, keamanan produk, kualitas dan pemeliharaan
Ø  MySAP Supply Chain Management rantai pasokan tidak berakhir di pintu gudang. Anda dapat menggunakan mySAP SCM untuk merencanakan dan mengoptimalkan rantai pasokan lintas batas perusahaan
Ø  MySAP Supplier Relationship Management pengadaan melalui internet dan pasar hanya dua cara untuk mengoptimalkan pembelian. karyawan dapat menggunakan solusi ini untuk menyediakan pengadaan dengan informasi tentang permintaan langsung dari pusat-pusat kerja mereka dengan cepat, mudah dan efektif
      11.   Industri yang dilayani oleh SAP
*      Automotive
*      Banking
*      Chemicals
*      Healthcare
*      Logistics service providers
*      Mining
*      Oil and Gas
*      Public Sector
*      Retails

      12.   Jelaskan SAP xApps
                       
      13.   Karakteristik dari SAP xApps

      14.   Contoh SAP xApps
v  SAP xApp Cost and Quotation Management (SAP xCQM)
v  SAP xApp Resource and Portfolio Management (SAP xRPM)
v  SAP xApp Product Definition (SAP xPD)
v  SAP xApp Emissions Management (SAP xEM)




      15.   Jelaskan mySAP all in one dan keuntungannya
                 

      16.Jelaskan mySAP business one dan keuntungannya
                   

      17.   SAP is a solution company
      18.   mySAP solution platforms are open and flexible (True/False)
        True
      19.   all of the mySAP solutions are role based










Navigation Lesson: Navigating in the SAP system
Jelaskan
      1.       Gambarkan lay out SAP easy access screen
      2.       Tiga cara navigasi untuk memulai transaksi
      3.       Beda antara SAP standard menu dengan role based user menue
      4.       Sebutkan menu standar dalam screen SAP
Office, cross application components, collaboration project,logostic, accounting,human resources, information system, tools.
      5.       Bagian dari Screen SAP yang menunjukkan informasi umum dalam sistem SAP dan transaksi atau task yang sedang dikerjakan
6.       Sebutkan cara untuk mengakhiri atau menutup SAP dengan menuliskan pada common field
            /n
      7.       Jelaskan bagian-bagian : menu bar, standard tool bar, title bar, apllication tool bar, comman field, status bar, input field, check boxes, radio buttons, tab, transaction code, menus, favorite or user menu
      8.       Cara mengetahui transaction code
      9.       T Code: /n, /nxxxx/, /o, /oxxxx, /nend, /nex, /i, su3, sm04, /nsm04
                        n/, cancels the current transaction
/nxxxx, Initiates the specified transaction directly from another transaction
/o, Displays an overview of sessions
/oxxxx, Initiates the specified transaction in a new session
/nend, Ends the logon session with a confirmation pop-up window
/nex, Ends the logon session without a confirmation pop-up window
/I, Deletes your current session
      10.   Role based user menus,
      11.   Sebutkan tiga isi dari menu Favorites
      12.   Isi dari status bar
      13.   Status fild     









Navigation Lesson : Using Help
1.       Berikan gambaran bentuk Help dalam SAP system
2.       Sebutkan cara melakukan help
·         List and describe the forms of help in the SAP system
·         Search for information and obtain help using the different help methods in the SAP system.
3.       Sebutkan 3 online help
·         SAP library, Glossary, reales notes
4.       Application help, SAP library, Glossary, Release notes, SAPnet, Feedback, Setting
·         Application help : displays comprehensive help for the current application.
·         SAP Library : all online documentation can be found there.
·         Glossary : can search definition of terms in the glossary.
·         Reales notes : describe functional changes that occur between SAP system realeses.
5.       Penjelasan F1, F4
·         F1 help also provides technical information on the relevant field.
·         F4 help for selected field using the button immediately to the right of the field.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar